music

Minggu, 07 September 2014

soal pkn "pancasila sebagai ideologi terbuka"



1.     Jelaskan pengertian ideologi!
Ø Ideologi mempunyai banyak arti. Secara umum, ideologi diartikan sebagai suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis yang memberikan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.

2.     Sebutkan lebih dari 20 macam ideologi dan jelaskan secara singkat! (nomor 2 dan 3)
Ø Liberalisme : kebebasan mutlak pada setiap individu.
Ø Konservatisme : mengajarkan tentang manusia yang harus selalu memelihara kondisi yang sudah ada serta menciptakan kestabilan.
Ø Komunisme : semua manusia adalah sama serta tidak ada hak pribadi.
Ø Marxisme : ajaran yang mendominasi adalah pemikiran tentang konsep ekonomi dan materialisme.
Ø Feminisme : persamaan hak antara pria dan wanita.
Ø Sosialisme : menciptakan kebersamaan dan adanya kesetaraan pada setiap orang.
Ø Fasisme : peran negara demikian mutlak karena negara diyakini sangat diperlukan dalam upaya menciptakan tatanan kehidupan dalam masyarakat.
Ø Kapitalisme : negara tidak boleh terlibat dalam semua aktivitas perekonomian yang dilakukan individu.
Ø Demokrasi : mengembalikan kekuasaan kepada masyarakat.
Ø Neoliberalisme : menciptakan kembali kebebasan individu.
Ø Fundamintalisme : muncul akibat semakin duniawinya pola hidup masyarakat, kegagalan kapitalisme dan liberalisme dalam menciptakan keadilan sosial.
Ø Nasionalisme : mewujudkan persamaan identitas kelompok manusia demi terciptanya persatuan dan kedaulatan suatu negara.
Ø Anarkisme : segala macam bentuk negara, pemerintah, dengan kekuasaannya merupakan lembaga-lembaga yang menumbuhsuburkan penindasan terhadap kehidupan.
Ø Tortskyisme : revolusi dapat berhasil dan mendukung keinginan sosialnya bila revolusi itu meluas di luar batas Rusia.
Ø Maoisme : mementingkan peran petani daripada buruh.
Ø Stalinisme : membangun sosialisme dan membangun masyarakat komunis.
Ø Leninisme : teori politik organisasi demokratis.
Ø Gaullisme : hasrat kemerdekaan Perancis dari kekuatan asing.
Ø Luxemburgisme : terjadi penyimpangan dari tradisional Leninisme, keterpengaruhan dari Trotskyisme Bolshevik yang kemudian diadopsi oleh pengikutnya sendiri.
Ø Komunitarianisme : mengalihkan pusat perhatian kepada komunitas.
Ø Marhaenisme : menentang penindasan manusia atas manusia dan bangsa atas bangsa.
Ø Hedonisme : pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin.
Ø Konsumerisme : menjadikan perseorangan atau kelompok yang menjalankan proses konsumsi secara berlebihan.
Ø Individualisme : menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggungjawab dan kebebasan sendiri.

3.     Jelaskan secara singkat masing-masing!
Ø (gabung nomor 2)
4.     Berikan 5 ciri-ciri ideologi terbuka dan ideologi tertutup! Berikan contohnya! (nomor 4 dan 5)
Ø Ciri-ciri ideologi terbuka
·       Merupakan kekayaan rohani, moral dan budaya masyarakat (falsafah). Jadi bukan keyakinan ideologis sekelompok orang melainkan kesepakatan masyarakat.
·       Tidak diciptakan oleh negara, tetapi ditemukan dalam masyarakat sendiri, ia milik seluruh rakyat, dan bisa digali serta ditemukan dalam kehidupan mereka.
·       Isinya tidak langsung operasional, sehingga setiap generasi baru dapat dan perlu menggali kembali falsafah tersebut dan mencari implikasinya dalam situasi kekinian  mereka.
·       Tidak pernah membatasi kebebasan dan tanggung jawab masyarakat, melainkan menginspirasi masyarakat untuk berusaha hidup bertanggung jawab sesuai dengan falsafah itu.
·       Mengahargai pluralitas, sehingga dapat diterima masyarakat yang berasal dari berbagai latar belakang budaya dan agama.
·       Contohnya : Pancasila.
Ø Ciri-ciri ideologi tertutup
·       Tidak berdasarkan hasil mufakat.
·       Bukan merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat, melainkan cita-cita sebuah kelompok yang digunakan sebagai dasar untuk mengubah masyarakat.
·       Apabila kelompok tersebut berhasil menguasai negara, ideologinya itu akan dipaksakan kepada masyarakat.
·       Pluralisme pandangan dan kebudayaan ditiadakan, hak asasi tidak dihormati.
·       Menuntut masyarakat untuk memiliki kesetiaan total dan kesediaan untuk berkorban bagi ideologi tersebut.
·       Contohnya : musuh tradisi.
5.     Berikan contoh dari ideologi terbuka dan tertutup!
Ø (gabung nomor 4)
6.     Sebutkan/jelaskan 10 fungsi Pancasila! (nomor 6 dan 7)
Ø Pancasila sebagai Dasar Negara : Dasar negara merupakan alas atau fundamen yang menjadi pijakan dan mampu memberikan kekuatan kepada berdirinya sebuah negara. Negara Indonesia dibangun juga berdasarkan pada suatu landasan atau pijakan yaitu Pancasila. Pancasila, dalam fungsinya sebagai dasar negara, merupakan sumber kaidah hukum yang mengatur negara Republik Indonesia, termasuk di dalamnya seluruh unsur-unsurnya yakni pemerintah, wilayah dan rakyat. Pancasila dalam kedudukannya seperti inilah yang merupakan dasar pijakan penyelenggaraan negara dan seluruh kehidupan Negara Republik Indonesia.
Ø Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia : Ideologi berasal dari kata “Idea” yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita –cita dan logos yang berarti ilmu jadi Ideologi dapat diartikan adalah Ilmu pengeertian -pengertian dasar. Dengan demikian Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dimana pada hakekatnya merupakan suatu hasil perenungan atau pemikiran Bangsa Indonesia. Pancasila di angkat atau di ambil dari nilai-nilai adat- istiadat yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia, dengan kata lain pancasila merupakan bahan yang di angkat dari pandangan hidup masyarakat Indonesia.
Ø Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia : yaitu yang dijadikan pedoman hidup bangsa Indonesia dalam mencapai kesejahteraan lahir dan batin dalam masyarakat yang heterogen (beraneka ragam).
Ø Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia  : menurut Von Savigny bahwa setiap bangsa punya jiwanya masing- masing yang disebut Volkgeist, artinya Jiwa Rakyat atau Jiwa Bangsa. Pancasila sebagai jiwa Bangsa lahirbersamaan dengan adanya Bangsa Indonesia yaitu pada jaman dahulu kala pada masa kejayaan nasional. Hal ini sesuai dengan apa yang telah dikemukakan oleh Prof. Mr. A.G. Pringgodigdo dalam tulisan beliau dalam Pancasila, yang menyatakan bahwa Pancasila itu sendiri telah ada sejak adanya Bangsa Indonesia.
Ø Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia : Pancasila lahir bersama dengan lahirnya bangsa Indonesia dan merupakan ciri khas bangsa Indonesia dalam sikap mental maupun tingkah lakunya sehingga dapatmembedakan dengan bangsa lain.
Ø Pancasila sebagai Perjanjian Luhur : Pancasila telah disepakati secara nasional sebagai dasar negara tanggal 18 Agustus 1945melalui sidang PPKI (Panitia Persiapan kemerdekaan Indonesia).
Ø Pancasila sebagai Sumber dari segala sumber tertib Hukum : bahwa segala peraturan perundang- undangan yang berlaku di Indonesia harus bersumberkan Pancasila atau tidak bertentangan dengan Pancasila.
Ø Pancasila sebagai Cita-cita dan tujuan yang akan dicapai bangsa Indonesia : yaitu masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual yang berdasarkan Pancasila.
Ø Pancasila sebagai Falsafah Hidup yang Mempersatukan Bangsa Indonesia : Pancasila merupakan sarana yang ampuh untuk mempersatukan Bangsa Indonesia. Karena Pancasila adalah palsafah hidup dan kepribadian Bangsa Indonesia yang mengandung nilai- nilai dan norma- norma yang oleh Bangsa Indonesia diyakini paling benar, adil, bijaksana dan tepat bagi Bangsa Indonesia untuk mempersatukan Rakyat Indonesia.
Ø Pancasila Sebagai Pandangan Hidup : setiap manusia di dunia pasti mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup adalah suatu wawasan menyeluruh terhadap kehidupan yang terdiri dari kesatuan rangkaian nilai-nilai luhur. Pandangan hidup berfungsi sebagai pedoman untuk mengaturhubungan manusia dengan sesama, lingkungan dan mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya.

7.     Jelaskan masing-masing fungsi Pancasila!
Ø (gabung nomor 6)
8.      Jelaskan tentang Pancasila krama!
Ø Pancasila artinya lima dasar atau lima asas yaitu nama dari dasar negara kita, Negara Republik Indonesia. Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit pada abad XIV yang terdapat dalam buku Nagara Kertagama karangan Mpu Prapanca dan buku Sutasoma karangan Mpu Tantular, dalam buku Sutasoma ini, selain mempunyai arti “Berbatu sendi yang lima” (dari bahasa Sangsekerta) terdapat istilah “Pancasila Krama”, yaitu Lima dasar tingkah laku atau perintah kesusilaan. Pancasila Krama juga sering disebut dengan istilah “Ma Limo” yakni :
·       Dilarang Mateni (Membunuh)
·       Dilarang Maling (Mencuri)
·       Dilarang Madon (Berzina)
·       Dilarang Mabok (Minum-minuman keras)
·       Dilarang Main (Berjudi)

9.     Jelaskan sejarah perumusan Pancasila mulai sidang BPUPKI hingga PPKI dalam pengesahan UUD 45! (trisila, ekasila menurut Soekarno)
Ø  Sidang BPUPKI pertama
Sidang BPUPKI pertama dilaksanakan empat hari berturut-turut, yang tampil berpidato untuk menyampaikan usulannya antara lain :
·         Mohammad Yamin (29 Mei 1945)
Dalam pidatonya Muh. Yamin mengusulkan calon rumusan dasar Negara Indonesia sebagai berikut : 1. Peri kebangsaan, 2. Peri kemanusiaan, 3. Peri ketuhanan, 4. Peri kerakyatan (A. permusyawaratan, B. perwakilan, C. Kebijaksanaan) 5. Kesejahteraan rakyat (keadilan sosial).
·         Prof. Dr. Soepomo ( 31 Mei 1945)
Beliau mengemukaan teori-teori Negara sebagai berikut : 1. Teori Negara perseorangan (individualis) yaitu paham yang menyatakan bahwa Negara adalah masyarakat hukum yang disusun, atas kontrak antara seluruh individu(paham yang banyak terdapat di eropa dan amerika) 2. Paham Negara kelas (class theory) teori yang diajarkan oleh Marx, Engels dan lenn yang mengatakan bahwa Negara adalah alat dari suatu golongan (suatu klasse) untuk menindas klasse lain 3. Paham Negara integralistik, yang diajarkan oleh Spinoza, Adam Muler, Hegel. Menurut paham ini Negara bukanlah unuk mejamin perseorangan atau golongan akan tetapi menjamin kepentingan masyrakat seluruhnya sebagi suatu persatuan
·         Ir. Soekarno (1 Juni 1945)
Usulan dasar Negara oleh Ir. Soekarno di sampaikan dalam bentuk lisan. Beliau mengusulkan dasar Negara yang terdiri atas lima prinsip yang beliau beri nama pacasila atas saran teman beliau. Dan rumusannya sebagai berikut : 1. Nasionalisme (kebangsan Indonesia) 2. Internasionalisme (peri kemanusiaan) 3. Mufakat (demokrasi) 4. Kesejahteraan sosial 5. Ketuhanan yang maha Esa (ketuhanan yang berkebudayaan). Kemudian menurut beliau pancasila tersebut dapat diperas menjadi Trisila yang meliputi : 1. Sosio nasionalisme 2. Sosio demokrasi 3. Ketuhanan. Lalu beliau juga mengusulkan jika terlalu panjang dapat diperas lagi menjadi eka sila yang intinya adalah gotong-royong.
Ø  Piagam Jakarta (22 juni 1945)
Pada tanggal 22 juni 1945 sembilan tokoh yang terdiri dari : Ir. Soekarno, Wachid Hasyim, Mr Muh. Yamin, Mr Maramis, Drs. Moh. Hatta, Mr. Soebardjo, Kyai Abdul Kahar Moezakir, Abikoesno Tjokrosoejoso, dan Haji Agus Salim yang juga tokoh Dokuriti Zyunbi Tioosakay mengadakan pertemuan untuk membahs pidato serta usul-usul mengenai dasar Negara yang telah dikemukakan dalam sidang Badan Penyelidik. Sembilan tokoh tersebut dikenal dengan “Panitia Sembilan” setelah mengadakan siding berhasil menyusun sebuah naskah piagam yag dikenal denga “Piagam Jakarta”.
Adapun rumusan pancasila yang termuat dalam Piagam Jakarta antara lain :
·      Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya
·      Kemanusiaan yang adil dan beradab
·      Persatuan Indonesia
·     Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
·      Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
Ø  Sidang BPUPKI ke-2 (10-16 juli1945)
Ada tambahan 6 anggota pada siding BPUPKI kedua ini. Selain itu Ir Soekarno juga melaporkan hasil pertemuan panitia Sembilan yang telah mencapai suatu hasil yang baik yaitu suatu modus atau persetujuan antara golongan Islam dengan golongan kebangsaan. Persetujuan tersebut tertuang dalam suatu rancangan Pembukaan hukum dasar, rancangan preambul Hukum dasar yang dipermaklumkan oleh panitia kecil Badan Penyelidik dalam rapat BPUPKI kedua tanggal 10 juli 1945. Panitia kecil badan penyelidik menyetujui sebulat-bulatnya rancangan preambule yang disusun oleh panitia Sembilan tersebut.
Keputusan-kepuusan lain yaitu membentuk panitia perancangan Undang-Undang Dasar yang diketuai oleh Ir. Soekarno, membentuk panitia ekonomi dan keuangan yang diketuai oleh Drs. Moh. Hatta, dan juga membentuk panitia pembelaan tanah air diketuai oleh Abikusno Tjokrosoejoso. Dan pada tanggal 14 Juli Badan Penyelidik bersidang lagi dan Panitia Perancanga Undang-Undang dasar yang diusulkan terdiri atas 3 bagian, yaitu: 1. Pernyataan Indonesia merdeka, yang berupa dakwaan di muka dunia atas penjajahan Belanda 2. Pembukaan yang didalamnya terkandung dasar Negara Pancasila dan 3. Pasal-pasal UUD (Pringgodigdo, 1979: 169-170)
Ø  Sidang PPKI pertama (18 Agustus 1945)
Sebelum sidang resmi dimulai dilakukan pertemuan untuk membahas beberapa perubahan yang berkaitan dengan rancangan naskah pembukan UUD 1945 yang pada saat itu disebut piagam Jakarta, terutama yang menyangkut sila pertama pancasila.
Dan sidang yang dihadiri 27 orang ini menghasilkan keputusan-keputusan sebagai berikut:
·         Mengesahkan UUD 1945 yang meliputi : 1. Setelah melakukan beberapa perubahan pada piagam Jakarta sehingga dihasilkan pembukaan Undang-undang Dasar 1945 2. Menetapkan rancangan Hukum Dasar yang telah diterima dari Badan Penyelidik pada tanggal 17 Juli 1945, setelah mengalami beberapa perubahan karena berkaitan dengan perubahan piagam Jakarta, kemudian menjadi Undang-Undang Dasar 1945

SOAL
1.     Secara umum, Ideologi berarti ....
a.     gagasan pikiran suatu bangsa.
b.    ide-ide dasar yang bersifat sistematis.
c.     ide-ide untu membangun sebuah negara.
d.    cita-cita bangsa.
e.     tujuan untuk menciptakan sebuah bangsa.
2.     Feminisme dibuat untuk ....
a.     mendapatkan kewajiban yang sama antara pria dan wanita.
b.    kebebasan mutlak pada setiap individu.
c.     mendapat persamaan hak antara pria dan wanita.
d.    mendapatkan pemikiran tentang konsep perekonomian.
e.     memuaskan setiap individu.
3.     Marhaenisme adalah salah satu ideologi, yang bertujuan ....
a.     menyejahterakan rakyat.
b.    menekankan kemerdekaan setiap individu.
c.     menentang penindasan manusia atas manusia.
d.    menentang kekuasaan yang anarkis.
e.     menentang penindasan manusia atas bangsa.
4.     Hedonisme adalah salah satu ideologi, yang bertujuan….
a.      menyejahterakan rakyat.
b.      hidup untuk bersusah payah.
c.       hidup untuk berjuang.
d.      tidak ada hak yang sama antara pria dan wanita.
e.      hidup hanya untuk bersenang-senang.
5.     Berikut ciri ideologi tertutup, kecuali….
a.     tidak berdasarkan hasil mufakat.
b.    mudah menyesuaikan perkembangan.
c.     bersifat tertutup.
d.    tidak menerima nilai-nilai baru.
e.     merupakan pendapat seseorang.
6.     Yang termasuk ciri-ciri ideology terbuka adalah….
a.     berdasarkan hasil mufakat.
b.    pendapat dari seseorang.
c.     berisi tuntutan moral yang bersifat kaku dan kejam.
d.    tidak berasal dari bangsa sendiri.
e.     bersifat dinamis.
7.     Cita-cita sebuah kelompok yang digunakan sebagai dasar untuk mengubah masyarakat  merupakan ciri-ciri dari….
a.     ideologi terbuka
b.    ideologi
c.     demokrasi
d.    ideologi tertutup
e.     pemerintahan komunis
8.   Yang termasuk dalam ideologi terbuka ialah….
a.     pragmatism
b.    demokratisme
c.     pancasila
d.    liberalisme
e.     sosialisme
9.   Pancasila merupakan dasar pijakan penyelenggaraan negara dan seluruh kehidupan Negara Republik Indonesia adalah pengertian fungsi pancasila sebagai….
a.     ideologi Bangsa Indonesia
b.    sumber dari segala hukum
c.     pandangan hidup Bangsa Indonesia
d.    pandangan hidup bangsa
e.     dasar negara
10.   Menurut  Von Savigny setiap bangsa punya jiwanya masing-masing yang disebut….
a.     Volkgeist
b.    Savignyiest
c.     mali mo
d.    Voniest
e.     deskriminasi
11.   Pancasila telah disepakati secara nasional sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945 melalui sidang….
a.     BPUPKI
b.    MPR
c.     PPKI
d.    DPRD
e.     Paripurna
12.   Pancasila merupakan sarana yang ampuh untuk mempersatukan Bangsa Indonesia adalah penjelasan dari fungsi pancasila sebagai….
a.     falsafah hidup
b.    cita-cita dan tujuan
c.     kepribadian Bangsa Indonesia
d.    perjanjian luhur
e.     pandangan hidup
13.   Berikut ini termasuk fungsi dari pancasila, kecuali….
a.     sebagai dasar negara
b.    sebagai sumber dari segala sumber hukum
c.     sebagai semangat juang Bangsa Indonesia
d.    sebagai jiwa Bangsa Indonesia
e.     sebagai ideologi Bangsa Indonesia
14.   Nama lain pancasila krama adalah….
a.     madon
b.    Ma Limo
c.     dasar negara
d.    semboyan hidup
e.     sikap pancasila
15.   Pada sidang BPUPKI pertama terdapat beberapa tokoh yang tampil berpidato yaitu, kecuali….
a.     Ir. Soekarno
b.    Prof. Dr. Soepomo
c.     Drs. Moh. Hatta
d.    Dr. Adam Soesilo
e.     Mr. Muh. Yamin
16.   Dalam pidatonya, Muh. Yamin mengusulkan calon rumusan dasar Negara Indonesia sebagai berikut, kecuali….
a.     peri kesatuan.
b.    peri kebangsaan.
c.     peri kemanusiaan.
d.    peri ketuhanan.
e.     peri kerakyatan.
17.    Salah satu anggota dari “Panitia Sembilan” adalah, kecuali….
a.     Muh. Yamin.
b.    Mr. Maramis.
c.     Moh. Hatta.
d.    Ir. Soekarno
e.     Dr. Soepomo
18.   Sidang BPUPKI ke-2 dilaksanakan pada tanggal….
a.     10-16 juli 1945
b.    10 juli 1945
c.     14 Agustus 1945
d.    22 Juni 1945
e.     29-31 Mei 1945
19.   Sembilan tokoh yang berhasil merumuskan pancasila dalam Piagam Jakarta sering disebut…
a.     tokoh Sembilan
b.    panitia Sembilan
c.     wali songo
d.    sembilan pahlawan
e.     pahlawan negara
20.   Rumusan pancasila yang termuat dalam Piagam Jakarta ialah….
a.     Persatuan Indonesia
b.    ketuhanan YME
c.     kebangsaan Indonesia
d.    Kesejahteraan rakyat
e.     kesejahteraan sosial

2 komentar: