music

Sabtu, 13 September 2014

kumpulan soal mengenai "pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan"


1.    Nilai pancasila itu kebenarannya dapat dibuktikan secara objektif, merupakan pengertian dari nilai….
a.    ekstrinsik
b.   subyektif
c.   material
d.   intrinsik
e.    inspiratif

2.    Paradigma berasal dari Bahasa Inggris, yaitu….
a.    paradigm
b.   paradigme
c.   paradygm
d.   pharadigme
e.    paradycm

3.    paradigma bersifat….
a.    berubah-ubah
b.   konstan
c.   berbelok
d.   tersirat
e.    bebas

4.    Pembangunan ekonomi harus mampu menghindarkan diri dari bentuk-bentuk, kecuali….
a.    monopoli
b.   kebebasan
c.   hal-hal yang menimbulkan kekerasan
d.   tanggung jawab
e.    penyelewengan

5.    Dalam pancasila terdapat tiga nilai, diantaranya adalah….
a.    nilai praktis, nilai dasar, nilai pembangunan
b.   nilai praktis, nilai dasar, nilai instrumental
c.   nilai dasar, nilai pancasila, nilai pembangunan
d.   nilai instrumental, nilai pembangunan, nilai praktis
e.    nilai praktis, nilai dasar, nilai pancasila

6.    Di bawah ini yang tidak termasuk dalam contoh nilai praktis adalah….
a.    saling mencemooh
b.   saling kerjasama
c.   saling menghormati
d.   bergotong royong
e.    toleransi

7.    Kata paradigm berasal dari kata paradigm yang berarti….
a.    bentuk
b.   tindakan
c.   cara
d.   kelakuan
e.    model

8.    Nilai budaya yang dijunjung tinggi oleh segenap warga negara Indonesia tanpa membeda-bedakan asal usul bangsa merupakan kerangka-acuan-bersama dari sila ke….
a.    satu
b.   dua
c.   tiga
d.   empat
e.    lima

9.    Nilai instrumental merupakan penjabaran dari nilai dasar yang berbentuk….
a.    norma hukum dan agama
b.   norma kemasyarakatan
c.   norma sosial dan hukum
d.   norma sosial dan budaya
e.    norma kehidupan dan hukum

10. Pancasila sebagai paradigm pembangunan pertahanan keamanan telah diterima bangsa Indonesia sebagaimana tertuang dalam….
a.    UU No. 3 Tahun 2002
b.   UU No. 2 Tahun 2003
c.   UU No. 3 Tahun 2004
d.   UU No. 2 Tahun 2002
e.    UU No. 3 Tahun 2003

11.  Pengakuan terhadap hakikat satu yang secara mutlak tidak dapat dibagi sehingga seluruhnya merupakan suatu keseluruhan dan keutuhan merupakan pengamalan dari sila ke….
a.    satu
b.   dua
c.   tiga
d.   empat
e.    lima

12.  Pancasila berisi anggapan-anggapan dasar yang merupakan kerangka keyakinan yang berfungsi sebagai acuan, merupakan pengertian dari….
a.    pancasila sebagai dasar negara
b.   pancasila sebagai paradigma
c.   pancasila sebagai pedoman hidup
d.   pancasila sebagai paradigma pembangunan
e.    pancasila sebagai panduan

13.  Kemiskinan yang timbul bukan akibat malasnya individu atau warga negara, melainkan diakibatakn adanya struktur-struktur yang tidak adil, disebut dengan….
a.    kemiskinan demokratis
b.   kemiskinan masyarakat
c.   kemiskinan struktural
d.   kemiskinan infrastruktural

14.  Memajukan kesejahteraan umum merupakan….
a.    tujuan nasional pembentukan UUD 1945
b.   tujuan nasioanal pembentukan negara kesatuan
c.   tujuan nasional pembentukan UUD RIS
d.   tujuan pembentukan UUD 1945
e.    tujuan pembentukan Negara Indonesia

15.  Salah satu tujuan nasional dalam pembukaan UUD 1945 adalah….
a.    melindungi setiap yang mampu
b.   mencerdaskan kehidupan bangsa
c.   mengedepankan pemerintahan
d.   mengedepankan individualism
e.    mencerdaskan kehidupan wanita

16.  Segala sesuatu yang berguna bagi kehidupan jasmani manusia atau kebutuhan material ragawi manusia adalah….
a.    nilai pragmatis
b.   nilai material
c.   nilai struktural
d.   nilai material manusia
e.    nilai demokratis

17. Pelaksanaan pembangunan nasional berdasarkan paradigm sila Ketuhan Yang Maha Esa adalah….
a.    mengembangkan keterikatan beragama
b.   mengembangkan sikap peduli atas sesama umat beragama
c.   mengembangkan toleransi dan kebebasan beragama
d.   saling menghargai berdasarkan nilai-nilai agama
e.    mengembangkan sikap menghargai sesame manusia

18. Bila dalam kehidupan bermasyarakat kita menjunjung tinggi harkat martabat orang lain, hal ini sejalan dengan pengamalan sila….
a.    satu
b.   dua
c.   tiga
d.   empat
e.    lima

19. Peran aktif siswa untuk keberhasilan pembangunan nasional sebagai pengamalan pancasila adalah….
a.    berperan aktif dalam pembangunan nasional
b.   aktif dalm kegiatan sekolah di masyarakat
c.   aktif dalam kegiatan sekolah setiap saat
d.   dating ke sekolah tepat waktu setiap hari
e.    tekun, rajin, serta suka bekerja keras dan pantang menyerah

20. Pembangunan nasional merupakan usaha bangsa untuk melepaskan diri dari ketergantungan pada bangsa lain. Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan nasional merupakan….
a.    internasionalisasi
b.   emansipasi bangsa
c.   modernisasi
d.   humanisasi
e.    globalisasi

21.  Pelaksanaan pembangunan di Indonesia yang berlandaskan paradigm pancasila, dimaksudkan agar….
a.    pembangunan berjalan seimbang
b.   terwujudnya masyarakat maju
c.   menghasilkan produk kompetitif
d.   menghasilkan manusia yang bermoral
e.    terwujudnya masyarakat madani

22. Suatu model atau pola berpikir sebagai upaya melaksanakan perubahan yang direncanakan disebut….
a.    pola pembangunan
b.   strategi pembangunan
c.   paradigma pembangunan
d.   rencana pembangunan
e.    upaya pembangunan

23.  Perilaku yang sesuai dengan paradigm dalam pembangunan agama adalah….
a.    menjunjung tinggi keyakinan diri sendiri
b.   tidak percaya adanya satu Tuhan
c.   menekan seseorang dalam hal memilih agama
d.   mengakui keberadaan agama lain
e.    saling menjelekkan

24. Nilai dasar yang terkandung dalam pancasila adalah….
a.    ketuhanan dan kemanusiaan
b.   kekekalan dan kehidupan
c.   kemanusiaan dan kehidupan
d.   keadilan dan kehidupan
e.    kemasyarakatan dan kekekalan

25. Tujuan nasional dalam pembukaan UUD 1945 terdapat pada alinea ke….
a.    1
b.   2
c.   3
d.   4
e.    5

26. Pembangunan dilaksanakan secara demokratis, maksudnya….
a.    Melibatkan masyarakat sebagai tujuan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut kebutuhan mereka.
b.   mementingkan pancasila
c.   melibatkan kesejahteraan pemerintah
d.   mengedepankan individualism
e.    Melibatkan masyarakat sebagai tujuan pembangunan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut kebutuhan sepihak.

27. Perilaku yang sesuai dengan paradigm pembangunan politik adalah….
a.    anarkisme
b.   presiden bersifat dektator
c.   adanya deskriminasi pendidikan
d.   masyarakat Indonesia berperilaku kebaratan
e.    presiden bersifat adil

28. Perilaku yang sesuai dengan paradigm pembangunan budaya adalah, kecuali….
a.    adanya penganiayaan
b.   membeda-bedakan antar sukubangsa
c.   tidak mementingkan demokrasi bilamana dalam pengambilan keputusan
d.   terjadinya demo secara anarkis
e.    pengembangan sistem ekonomi yang berdasarkan individu

29. Perilaku yang tidak sesuai dengan paradigm pembangunan hankam adalah….
a.    tidak mementingkan demokrasi bilamana dalam pengambilan keputusan
b.   pengembangan sistem ekonomi yang berdasarkan individu
c.   adanya penganiayaan
d.   terjadinya demo secara anarkis
e.    membeda-bedakan antar sukubangsa

30. Pembangunan harus menghormati HAM, maksudnya….
a.    Mengutamakan mereka yang paling lemah untuk menghapuskan kemiskinan struktural.
b.   Pembangunan tidak boleh mengorbankan manusia nyata melainkan menghormati harkat dan martabat bangsa.
c.   Pembangunan itu tidak hanya mementingkan tindakan nyata dan mengabaikan pertimbangan etis.
d.   Melibatkan masyarakat sebagai tujuan pembangunan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut kebutuhan mereka.
e.    Pembangunan tidak boleh melampaui batas kebebasan setiap individu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar